Archive Page 2

kemaren…

tanggal 7 Januari..

5 tahun yang lalu….

Gereja Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga @11:21AM

Ka-le-i-dos-kop 2010

tanggal 31 nih…

kurang lebih 3jam lagi mo 2011 euy.. ck ck.. begitu cepat waktu berlalu…

tahun ini blog agak berdebu.. hiks…

jadi dirangkum hari ini aja, *janji* nti ada crita detailnya…

Januari 2010 : jalan-jalan ke singapur, O’i pertama plesir jauh, naek pesawat..

Februari 2010 : O’i dibabtis pas di hari ulang tahunnya yang ke-2.. & ulang-tahun’an bareng sepupu2 seumur

Maret 2010 : punya sepeda roda 3, langsung bisa ngebut 😀

April-May-Juni 2010 : sibuk trial skolah..

Juli 2010 : O’i skolah !!!! 😀

Agustus 2010 : bulan2 pertama sekolah… *tak kusangka.. tak kuduga*

September 2010 : plesir libur lebaran

October 2010 : ngambil rapor O’i 😀 … mommy ultah, dikado’in barang termahal dan terbagus sama daddy selama 11tahun bersama… *blackberry* 😀

November 2010 : 1st field trip dari sekolah

Desember 2010 : daddy ultah… O’i pentas untuk pertama kalinya di Miniapolis en nyanyi pake ma’ik di pesta natal sekolah … plesir ke bandung

 

*smoga smangat untuk menceritakan detail nya selama setahun ini.. 😀
** katanya buat arsip kl O’i dah gede.. ga bole males dong ya..

smangaaaaaaatttttttt !!

surat untuk mu…

mumpung masih dalam suasanan natal en bentar lagi taon baru…

dear Mpok Elsiey..

maap ya Mpo..acara ngumpul2 gua ga ikut (LAGI) huks…
udah ketiga kali nih, hilang kesempatan nyobain masakan lu.. hiks..

tadinya kalo tanggal 12, gua bisa tuh.. mo nekads naek taksi dr rumah mak gua, kebetulan gua nginep, soalnya Tphen lagi di Manado… ehhh.. apadaya si botaks ganteng mu lagi sakit..

tgl 19, gua ke bandung Mpo.. liburan.. hehehhe..

gua ga jodoh banget sama masakan lu nih.. tp, mari kita usahakan perjodohan ini.. hehheheh

jangan ngambek ya Mpo..

*mmmmmmmmuuuuuuuuuuaaaaaahhhhhhhh*

“….itu kudanya mandi…”

*suatu sore yang adem..

O’i lagi nonton tipi sama Om Jojo…
acaranya somewhere in the farm..

lagi ngebahas kuda..
gambar pertama.. kuda coklat lagi makan rumput…

trus kamera menjelajah daerah peternakan yang laen… gambar menyorot ke kuda putih lagi dimandiin…

Oom Jojo memulai percakapan…

“tuh O’i.. kudanya lain tuh.. sekarang kudanya putih…”

O’i nya’ut dengan nada serius, pede, dan berwibawa…
“bukan Jojo.. itu kuda yang tadi, dia buka baju.. kan mandi tuh…”

*kakkakakkakakakkakakkakak*

Jojo speechless….

Fakta-fakta Seputar Menyusui Batita

Copas  : http://lsoraya.multiply.com/journal/item/3/Fakta_seputar_menyusui_batita

(Ditulis bebas & dirangkum dari berbagai sumber oleh Luluk Lely Soraya I)

Hingga saat ini banyak sekali anggapan miring ttg ibu yang menyusui anaknya > 1th. Sering kita dengar kalimat ”Kalo anak > 1 th kan dah jelek ASInya”. Atau tak jarang juga terdengar kalimat ”Kalau disusui terus anak jadi manja dan gak mandiri”. Nah benarkah hal ini ?

Artikel berikut dirangkum dari beberapa artikel dari La Leche League dan WHO tentang fakta-fakta seputar menyusui anak batita ( hingga umur 3 th).

Ternyata anggapan2 bahwa ASI gak bagus, nyusui anak besar bisa membuat jadi manja dan gak mandiri tsb TIDAK BENAR.

Menyusui batita memiliki manfaat bukan hanya bagi anak, tetapi juga bagi ibu.

Bahwa ternyata kandungan ASI > 1 th memiliki kandungan yang luar biasa bermanfaat utk anak. Yg jelas, ASI tetap memiliki zat imun yang melindungi bayi dari berbagai penyakit. Bahkan satu penelitian menunjukkan bahwa beberapa zat imun meningkat jumlahnya dalam ASI di th keduam sehingga memberikan perlindungan yg lebih besar bagi anak.  Belum lagi kandungan gizinya. Pada tahun kedua (12-23 bulan), setiap 448 ml ASI memenuhi kebutuhan anak :

o       29% dari kebutuhan energi-nya

o       43% dari kebutuhan protein-nya

o       36% dari kebutuhan kalsium-nya

o       75% dari kebutuhan vitamin A

o       76% dari kebutuhan folat-nya

o       94% dari kebutuhan vitamin B12

o       60% dari kebutuhan vitamin C

Nah manfaat buat ibu gimana ? Banyak para ahli medis menbuktikan bahwa menyusui dapat memberikan ibu proteksi dari berbagai penyakit. Makin lama ibu menyusui, makin besar proteksi yg diberikan. Ibu dapat terminimalisasi dari resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium (indung telur), kanker uterine (rahim), osteroposis, dsbnya.

Benarkah jika anak disusui terus menerus akan membuat ia jadi manja dan gak mandiri ?

Ini juga sama sekali TIDAK BENAR. Justru anak-anak yg disusui hingga ia berhenti sendiri (menyapih dirinya sendiri) lebih mandiri.

Kenapa ? karena ia menemukan sendiri kemandiriannya. Ia merasa lebih nyaman dalam menemukan fase tsb. Ingat loh fase psikologis usia batita itu buat anak2 terkadang “mengerikan”. Ia harus belajar utk menerima kondisi di sektiarnya. Dengan menyusui, akan memudahkan anak menghadapi fase tsb dg lebih mudah.

Terkadang juga kita memaksakan anak utk mandiri lebih cepat dari biasanya. Padahal di usia ini justru ia butuh ibunya dan ayahnya utk membantunya menemukan rasa percaya dirinya dsbnya.

Jadi menyusui di usia ini justru memenuhi kebutuhan psikologisnya.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan : “Susuilah anak di tahun pertamanya dan susuilah terus selama ibu dan anak saling menginginkan…Makin lama ibu menyusui anaknya, makin memberikan keuntungan bagi ibu dan anak dari segi kesehatannya dan perkembangannya……Tidak ada batasan pasti kapan anak harus berhenti menyusu dari ibunya. Dan TIDAK ADA BUKTI bahwa menyusui anak-anak > 3 th akan membuatnya terganggu secara psikologis ataupun.” (AAP 2005)

Nah kapan anak sebaiknya disapih ? Lagi-lagi ini pilihan yg sangat subyektif. Semua bergantung kepada 3 pihak : ibu-anak-ayah. Selama semua pihak saling menginginkan maka menyusui dapat terus dilakukan. Jika memutuskan utk menyapih, maka lakukanlah dg perlahan dan baik. Hindari penyapihan yg dapat menyakiti hati anak. Ingat selama masa menyusui, terjalin ikatan batin yg kuat antara ibu-anak. Jangan sampai hal ini ”rusak” karena proses penyapihan ini.

Referensi :

–      Breastfeed a Toddler—Why on Earth? Handout #21. Toddler nursing. January 2003 by  Jack Newman, MD, FRCPC

(http://www.kellymom.com/newman/bf_toddler_01-03.html)

–      La Leche League International, What are the benefits of breastfeeding my toddler? (http://www.lalecheleague.org/FAQ/advantagetoddler.html)

–      Extended Breastfeeding Fact Sheet by Kelly Bonyata, BS, IBCLC (http://www.kellymom.com/bf/bfextended/ebf-benefits.html)

–      Nursing Past Infancy and Into Toddlerhood (http://www.breastfeed-essentials.com/nursetoddler.html)

dilema….

*lagi mau angkatin jemuran

“O’i bantuin mami angkat jemuran yuk”
*O’i bertugas trima operan baju, masukkin ke kranjang

“okeh mami..”

*mami mulai angkat baju, O’i stand by

satu baju.. dua baju.. tiga baju.. lima.. tujuh..
*bosen… ngeluyur pergi.. masih keliatan mata, lagi ngacak2 meja kecil di deket situ..

ga pa-pa lah.. anteng..
lanjut angkat jemuran..

tiba-tiba..

“mamiiiiiiii.. mamiiiiiiiiiiii.. sini deh… O’i bisa mamiiiiii…”

“bisa apa sayang “
*masih sambil angkat jemuran..

“sini.. sini.. mami liyat dulu neh.. tuh tuh.. O’i bisa”
*dia dah nongol di pintu ruang jemuran, dengan muka sumringah lucu, sambil tangannya manggil manggil gitu.. jadi penasaran.. ngapain ya dia…

*stop angkat jemuran, nyamperin O’i

“ayo mami.. sini dong.. sini.. liyat nih.. nih..”
*sambil di gandeng O’i

“tuuuhhhhhhhhhhh mami… O’i bisa mami… O’i bikin ‘eijh’ mami… tuh.. kan.. hore…. O’i bisaaaaaaaaaaaaaaa”
*sambil loncat loncat tepok tangan seneng banget..

eijh (H)-nya O'i

*GUBRAKS*

😀

itu coretan di tembok, pake spidol gede permanent marker !!

*terdiam membisu..*

antara bangga… seneng… anakku bisa nulis hurup..
pinter ya…
kreatip..
tau lagi itu hurup apa..
gede pula..
dan hampir bener !!!!

tapi kok di tembok ??????????????????????????????????????????????????????

hehhehehhehe…
akhirnyaaa…

“oh iya.. eijh… good job, Chloe… *sambil peluk* tapi laen kali.. di kertas aja ya.. O’i kan ada buku sama pinsil..”

“iya mami.. O’i bisa ya mami.. O’i pin te ya mami ???”

“iya sayang.. O’i pinter.. anak mamiiiii…”

 

hehhehhhe…
pengen dijitak, tapi lucu..
dah gitu ampir bener lagi nulisnya..
ya sudah lah…

 

luv yu, sayaaaaannngggggggggggg…
*gemesssssss*

Manfaat Besar ASI di Tahun Kedua

Anda sukses menyusui eksklusif untuk buah hati selama enam bulan dan meneruskannya hingga si kecil berusia satu tahun. Setelah itu Anda merasa cukup dan akan menyapihnya alias menggantikan ASI dengan susu formula. Sebaiknya tunda dulu keinginan ini karena pemberian ASI di tahun kedua kehidupan bayi memberi manfaat ekstra.

 

Saat menginjak tahun kedua, kemampuan bayi berkembang, seperti merangkak atau belajar berjalan dan memasukkan segala sesuatu ke mulutnya. Akibatnya, bayi akan mudah mengalami infeksi penyakit. Makanya, disarankan ibu tetap menyusui bayi setelah ulang tahunnya yang pertama untuk mempertahankan kekebalan tubuhnya terhadap serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

UNICEF merekomendasikan selain pemberian makanan bergizi seimbang dan imunisasi, bayi usia 12-24 bulan disusui sesering mungkin. Tentu ada alasan kuat kenapa para ibu diimbau untuk menyusui bayinya memasuki tahun kedua. Berikut manfaatnya:

 

1. ASI di tahun kedua kandungan faktor imunitasnya meningkat

Penelitian menyebutkan zat antibodi tersedia dalam jumlah besar pada ASI selama masa menyusui. Tapi ternyata sebagian faktor kekebalan dalam ASI konsentrasinya meningkat selama tahun kedua dan selama proses penyapihan (weaning).

2. Pemberian ASI setelah bayi 6 bulan cegah risiko alergi dan asma

Salah satu cara terbaik mencegah alergi dan asma adalah menyusui eksklusif selama enam bulan dan meneruskannya hingga si kecil berusia 2 tahun. Memperpanjang pemberian ASI berarti menunda selama mungkin bayi bersinggungan dengan zat penyebab alergi. ASI sendiri membantu mempercepat pematangan lapisan pelindung dalam usus bayi, melapisi usus bayi dan menghalangi masuknya molekul penyebab alergi ke dalam darah bayi serta memberi perlindungan antiradang sehingga menekan risiko infeksi pemicu alergi

3. ASI perkecil risiko sakit anak usia 16-30 bulan

American Academy of Family Physicians melihat anak-anak yang disapih sebelum usia dua tahun meningkat risikonya (AAFP 2001). Penelitian lain menyebutkan anak usia 16-30 bulan yang disusui lebih jarang sakit, kalaupun sakit maka sakitnya lebih singkat dibanding anak sebaya yang tidak disusui

4. ASI dibutuhkan anak yang sakit

UNICEF merekomendasikan anak di bawah tiga tahun yang sakit agar diberi ASI, karena ASI merupakan makanan bergizi yang paling mudah dicerna saat si kecil kehilangan nafsu makan

5. ASI di tahun kedua lebih kaya nutrisi

Penelitian dr. Dror Mandel, dkk, menyatakan ASI dari ibu yang menyusui lebih dari satu tahun kandungan lemak dan energinya meningkat dibanding ASI dari ibu yang menyusui lebih singkat

6. ASI di tahun kedua sumber lemak dan vitamin A tak tergantikan

Berdasar penelitian Adelheid W. Onyango dkk menyimpulkan ASI merupakan sumber lemak dan vitamin A yang tak tergantikan oleh makanan sapihan apapun

 

 

Sumber : http://www.hanyawanita.com/_mother_child/parenting/article.php?article_id=7388

 

 


February 2020
M T W T F S S
« Jan    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
242526272829  

Previously On erNie’s

RSS Lately News…

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.