…. setahun kemarin…

Hari ini, tepat setahun kemarin.. O’i-mommy-daddy lulus ASIX 

ASIX = ASI Ekslusif selama 6bulan pertama dalam hidup O’i.. tanpa tambahan apapun, termasuk air putih !!!
Sebenernya bo’ong tuh.. bukan 6bulan.. soalnya berasanya kok 6bulan kayak 6thn.. kekkekke…

Bener-bener perjuangan berat..
Bener-bener dengan air mata dan darah loh.. 

Duuuhhh.. kalo diinget-inget.. hari ini, setahun yang lalu, adalah hari yang paling dinanti.. tiap hari sesion menyusui datang, sambil peluk O’i lagi nenen, tangan satu nya ngeliatin tanggalan di henpon.. kapan ya tanggal 7agustus itu datang.. kekkekke.. tiap kali nyusuin loh.. hihihihi..

Takjub sendiri.. takjub sama diri sendiri.. sama O’i.. en sama daddy juga ( yang tiap malem mommy tendangin buat ngambilin minum sama camilan.. laper bow.. hehhehhe )..

Suka duka jadi ibu menyusui juga banyak..

Ada yang memandang aneh.. kuno.. jadul.. risih.. geli.. ga pantes.. ga etis.. ga sopan.. pelit.. hahhahha… iye bener, waktu itu ada yang bilang pelit.. buset deh.. “pelit bener sih loe buat anak.. bliin dong susu kaleng yang mahal.. kan gizi nya lengkap tuh.. ada AA, DHA, ARA, bla..bla..”   haiyahhh… di ASI juga itu smua ada.. kalo ada yang gratis, kenapa musti beli yang mahal-mahal ??? –> hmm.. bener juga sih ye.. masuk dalam kategori pelit ya ???😀

Tapi, ga bisa disalahin sih.. sampe sekarang, masih banyak mommy mommy yang kurang pengetahuan tentang ASI.. udah kurang pengetahuan, dokter, suster, bidan, rumah sakit, ga ngedukung pula.. jadilah.. blum melek ASI..

Waktu sebelum punya anak.. ngedengerin temen punya anak yang curhat.. katanya “ntar lu.. kalo punya anak, gaji lu stengahnya tuh buat bli susu ama diaper.. mahal tau susu en diaper.. ”
Heikkk.. serem amat kayaknya ya punya anak.. ampe segitunya pengeluarannya…

Dan waktu sebelum lahiran juga buta ASI.. malah dah sempet nyari-nyari susu kaleng apa yang bagus.. dah ngincer-ngincer yang merk paling mahal loh waktu itu… tapi untungnya, waktu pertengahan tahun 2007, pas lagi hamil.. dah lumayan banyak tuh talk show tentang ASI.. dokter Utami Roesli-pakar ASI, banyak muncul di tipi-tipi untuk bicara tentang ASI..

Makin sering denger, makin penasaran.. dengan modal inet.. browsing sana.. browsing sini.. hmmm.. ternyata begitu toh menyusui itu.. ternyata manfaat ASi sangat luar biasa..

Dan, thanks untuk Nita, yang udah merekomendasikan milis asiforbaby.. bener-bener milis yang ajaib.. seperti spirit yang siap berkobar kapan aja di kala stress…

Thanks juga untuk Tika, yang merekomendasikan klinik laktasi Carolus.. di sana lah banyak informasi tentang ASI dari pakarnya, ada dokter Jeanne dan bidan-bidan yang baik-baik dan sabar.. ( special thanks to Ibu Bidan Ceacilia Oemiatun )

Jadi, kesimpulannya.. kalo mau sukses menyusui…

Pertama, musti tau banyak tentang menyusui, ASI dan segala manfaatnya, bayi ASI ( karena tingkah polah bayi yang minum ASI dan bayi yang minum sufor agak berbeda, baru-baru ini ada pembahasannya di kompas dan di website AIMI -Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia-  ditulis oleh seorang konselor laktasi )

Nah.. pengetahuan2 tersebut untuk pegangan..kalo aja ntar ada “interupsi-interupsi penting”  dari orang tua dan mertua.. hehhehheh…
Ehhh…. dan bahkan, dari rumah sakit tempat kita melahirkan loh.. untungnya, RSB YPK itu pro ASI, walopun ga pro-pro amat.. soalnya di sono ga diajarin tuh cara menyusui, untungnya sebelum lahiran, sempet mampir ke klinik laktasi Carolus.. jadi, udah tau.. di RSB YPK, bener-bener ga kasih sufor, kalo mau sufor, ortu musti tanda tangan surat permintaan dulu..
Kalo di RS laen kan.. langsung aja hayo dikasih sufor, plus juga buat oleh2 pas bayi pulang ke rumah.. hehhehheh.. *sebenernya menurut AIMI, itu melanggar kode etik pemasaran susu formula loh* CMIIW
Sukur-sukur bisa ngelahirin di Carolus.. yang pro ASI banget.. soalnya, dokter Utami Roesli nya ada di sono.. 

Kedua, setelah tau tentang ASI, harus yakin dan percaya diri, cenderung nekat dan keras kepala, kayak saya.. hehhehheh…. mo mamah ngomong apa.. mertua komentar apa… pura-pura ga denger.. biarin deh dibilang anak durhaka dan menantu jahanam.. yang penting nyusuin !!! kekekkekke… kan udah ada pegangan ilmu yang baik dan benar, kita harus pegang teguh.. makanya harus nekat dan keras kepala kayaknya.. hehhehheh

Ketiga, cari dukungan yang positip.. yang sejalan sama misi kita, paling bisa, ancamlah suami Anda untuk mendukung Anda.. ahahhahahhah… daripada keluar uang jutaan rupiah untuk setiap bulan ?? hehhehhehe..
Waktu itu sampe ke dokter anak aja, bela-bela’in pindah ke Carolus, supaya ga ada komen-komen aneh tentang anak ASI yang berat badannya cenderung ga naek se-drastis anak yang minum susu formula..

Keempat, rajin browsing situs-situs tentang ASI, or ikut milis asiforbaby.. nih ada beberapa rekomendasi web :

 Kelima… sebenernya most of all.. banyak berdoa.. untuk O’i-mommy-daddy.. menjadi breastfeeding parents bener-bener perjuangan yang menakjubkan.. supaya kuat fisik dan mental.. dulu biarpun mamah dan mami slalu bilang O’i kelaparan, krn nangis terus.. dan mommy keukeh ga mau kasih sufor.. sempet jiper juga kan.. tiap kali dibilang si O’i nangis mulu kelaparan.. so.. di bawa dalam doa aja, “ya Tuhan.. jangan biarkan anak saya kelaparan.. saya percaya, Kau anugrahi aku anak lucu, pasti dengan makanannya sekalian, yang bener-bener terbaik buat dia.. amin !!”

Demikianlah tulisan saya.. dalam rangka tepat setahun kemarin O’i-mommy-daddy lulus ASIX.. yang ga sengaja bertepatan juga dengan WORLD BREASTFEEDING WEEK 2009 yang berakhir hari ini… dannn… happy 18th months nya O’i my pumpkin.. muah muah muah..

Tulisan sederhana ga ada apa-apanya sama artikel-artikel yang serius.. tapi, smoga.. kali aja ada ibu hamil yang terdampar di sini.. or ada ibu menyusui yang lagi stress butuh dukungan nyangkut di sini.. bisa berguna untuk menambah semangat…

Kalo ditanya, “gimana rasanya jadi ibu menyusui selama 18bulan ini ???”
Jawabannya adalah… “amazing…”

Salam ASI !!

ernie
mommy O’i ( tepat 18bulan hari ini, masih ASI )

24 Responses to “…. setahun kemarin…”


  1. 1 Monica August 8, 2009 at 2:19 pm

    Hi nie…
    lo lucu banget sih… anak durhaka dan menantu jahanam heheh…
    iya karina dulu sering nangis2 juga waktu kecil, dan mnrt gw sih bukan karenan kelaparan, tapi karena colic.
    Gw dulu selama 2,5 bulan pertama sih gw campur (skrg menyesal), karena ga tahan stress dan ada nyokap gw di sini *wink* Setelah nyokap gw cabut, baru gw mulai coba ga campur2, dan akhirnya berhasil juga. Dan laki gw pun setelah ngelihat kalau ternyata bisa ga pake campur2, baru menyadari dan malah skrg bisa ngajarin orang2 juga..
    Karina sekarang udah 3 bulan stop, tapi kalau dia liat nenen, tetep masih mau nyaplok aja. Heran, dan masih demen aja pegang2…
    Tapi ASI memang paling praktis, gampang, selalu siap sedia, ga ribet cuci2 botol, sehat dan GRATIS!!!

    • 2 ernie August 9, 2009 at 4:48 am

      Hai Nic !!
      kakkakkka.. iya, abisnya nyokap gua en mertua udah keseeeeeeeeelllllllllllllllllllll banget ama gua yang bener2 ga nurutin mereka.. keliatan deh muka nya udah pada bete banget.. kikikikiki..

  2. 3 elsiey August 8, 2009 at 8:11 pm

    uhuhuhu.. gue juga mau ngasih ASI. mudah2an nanti anak kedua bisa ya. waktu itu di pent*l gue muncul bisul 3 biji gede ga ada mata dan sakit banget. Gue takut si axel keracunan, soalnya kan banyak nanahnya tuh. terus waktu itu juga gue udah lama banget ga main internet, jadi agak terbelakang gitu. wakkaa… mencari pembenaran nih. ntar kalo anak kedua dah lahir, gue mau deket2 elo ajah, biar ilmunya keserep.

  3. 5 Mamana Felice August 8, 2009 at 10:24 pm

    congrats yaah…

    gua mencoba asix tp berats… capek jiwa raga deh pokoknya yg bikin asi gua senin kemis. akhirnya campur sufor deh huhuhu….
    emang harus punya mental baja kayak lo yah supaya bisa lulus asix.

    • 6 ernie August 9, 2009 at 4:51 am

      tul banget Ver.. capek jiwa raga !!!
      iya, kl stress.. rada susah emang.. soalnya breastfeeding is a mind game.. tp pusing kan disuruh ga stress, kl org2 di sekeliling bikin stres ?

      hehheh.. iye, musti pura-pura “GILA”.. nekat dan keras kepala..

  4. 7 arman August 9, 2009 at 11:31 am

    hidup asix!
    walaupun emang susah dan penuh perjuangan tapi kan demi kebaikan buat si anak ya…

  5. 9 tintong August 9, 2009 at 5:55 pm

    hehe bener bgt nie kudu ‘yakin and percaya diri cenderung nekad dan keras kepala’ haha
    bagus nih tulisannyaa buat info about ASI… lucu lagi haha tapi i can relate bgt🙂

    ‘ancamlah suami anda’ gw sampe ngakak haha.. untung hubby gw mah iyaa aje gara2 dah gw ceramahin abis2an-> ini namanya diancam ga yaa? haha.. mo kiri kanan bilang apaa yg paling penting paling enggak suami yg mendukung!!

    Hidup ASI!!!

    • 10 ernie August 9, 2009 at 10:36 pm

      hehheh.. dan untungnya karakter gua emang gitu, Tine.. nekad & keras kepala.. kakkakkaka…
      kan kl kita dah tau informasi berharga yang benar ttg breastfeeding, tp gampang digoyah.. rusak deh smua-muanya.. kkkekkeke..

      ya itu dia maksud gua, komentar2 akan datang menyerang dari segala penjuru.. kiri-kanan,atas-bawah,depan-blakang.. dan yg HARUS kita PAKSA untuk ngedukung ya suami.. kkekek..

      suami gua juga dukung kok… dia ngeri gua bilangin harga susu formula mahal.. kakkakkakakkakakakkak *peace daddy*

  6. 11 astrid August 10, 2009 at 10:45 am

    @All

    gue t’masuk ibu hamil yg t’dampar disini.
    doain yah gw tar b’hasil kasiy ASIX kaya’ ipar gw iniiiii..

    @ erni
    pokoknya tar lu musti siap sedia memberi motivasi gw ni!
    *nuntut*

    • 13 dhieta August 13, 2009 at 11:30 am

      Astrid…

      gimana lo jadi di Carolus ga??
      belum cerita2 nih apa yang lo dapet di kursus laktasi kemaren..

      Gw disuruh ma dokter gw ntar aja minggu ke 35..
      hehehe..

      jadi minggu depan baru senam hamil aja..

      Duuhh Triddd…
      gara2 baca ini, gw jadi tambah yakin bisa nyusuin anak gw ampe 2 taun..

      SEMANGAT!!!!

      • 14 ernie August 13, 2009 at 10:00 pm

        AYOOOO.. SMANGAT !!!

        wah.. seneng banget deh kalo ternyata tulisan sederhana ini bisa bikin ibu-ibu hamil smangat ASI …

        gud lak ya ibu-ibu..
        kalian pasti bisa !!

  7. 15 luvly7 August 10, 2009 at 12:11 pm

    Waaah … keren banget nih postingannya🙂 Walopun sederhana, tapi sarat pesan yang dalem nih Nie🙂

    Coba kita kenalan sebelum Tim Nick gede yaa😉

    Salut sama mommy hebat kyk elu & Nat😉

    • 16 ernie August 11, 2009 at 10:33 am

      kikikiki… ya dah..bikin lagi aja, adeknya Tim&Nick.. kan lu blum punya anak cewe.. pasti lucu deh.. tuh koko-kokonya kan lucu.. hehhehhe…

      smua mommy di dunia ini, HEBAT… kalo aku, mommy NEKAT.. hehhehehhe

  8. 17 dhieta August 11, 2009 at 8:16 am

    Hi Mba,,
    aku temennya Astrid,,dia suruh aku baca nih story..

    Terharu banget baca storynya!!
    Salute salute!!
    Mba, aku makin yakin harus bisa kasih ASIX selama 2 taun buat babyku yang bulan Oktober ini lahir ke dunia…

    aku yakin pasti bisa kasih dia ASIX..

    Kebetulan aku memang selama ini kontrol di Carolus & mau lahiran di sana juga..itu karna aku tau Carolus pro ASI 10.000%..makanya aku bela2in walau rumahku jauh di Bekasi, tapi aku pengen lahiran disana..

    Abis baca ini aku makin yakin dan ga takut untuk kasih ASIX..(karna dulu mamaku juga kasih ASIX ke 3 anaknya masing2 2 taun lebih..)

    Thanks ya mba buat ceritanya..
    ini jadi motivasi buat aku…

    Salam buat O’i….

    • 18 ernie August 11, 2009 at 10:39 am

      hai Dhieta..

      senangnya bisa ikut berpartisipasi dalam rangka menyemangati lu untuk menyusui !!

      apalagi lu disusui juga sama nyokap lu..tentunya, lu mau anak lu dapet yang sama kan seperti lu ??

      smangat yaaaaa !!!!!!!

      *salam ASI*

  9. 19 ashleyprincess August 20, 2009 at 5:52 pm

    Two words : LUAR BIASA… !

    all my thumbs up 4 u..

    gw harus belajar untuk sekuat elu, senekad elu, segigih elu, sekeras elu..

    Jujur aja, gw blm punya mental sekuat elu..makanya gw gagal asi buat ashley..

    but second child, gw akan berguru ama elu..🙂

  10. 21 witha September 29, 2009 at 10:44 am

    nie… pertanyaan g masih sama nih.. beda na apa anak asix sama anak sufor…
    ponakan g sufor abis soal na..

  11. 22 Dhita September 21, 2010 at 3:27 pm

    Ci…

    gw baca (lagi dan lagi) postingan lo yang ini…

    Kalo dipikir2 godaannya tuh banyak ya..banyak omongan orang..
    inilah itulah, tapi jujur lho ci..kagak pernah gw dengerin omongan orang2..dan untungnya gw ga pernah stress..kalo ada yang ngedebat gw, gw debat balik, mau sapa kek..kagak mau kalah dah gw pokoknya…:p
    Gw juga mengumpulkan dukungan..orang tua, suami, ade2 gw, sampe ponakan2 gw yang masih SD kebawah aja ngedukung gw..
    pernah waktu itu ada tetangga diomelin ma ponakan gw yang masih TK waktu Deven gw tinggal kerja
    Orang itu bilang kalo abis minum ASI, harus dikasih air putih dengan alasan nanti lidahnya jamuran..??? aneh… (waktu itu deven masih 4 bulan)..Mertua gw sempet bimbang juga n mau dikasih air putih..akhirnya dengan sigap ponakan gw ngomel
    “Nam Boru, jangan kasih2 Deven air putih ya..Deven tuh cuma mimik ASI doang..jangan kasih2, lidah Deven ga putih kok..Nanti aku telpon Nan Tulang lho (Nan Tulang = panggilan Ponakan gw ke gw.red)..Nanti Nan Tulang marah..”
    hihihi..seneng juga gw ada yang begitu…
    Yang penting gw keukeuh..anak gw wajib ASI ampe 2 taun..
    dan besok 2 Okt 2010, anak gw tepat setaun..
    sampe sekarang belum pernah dia gw kasih susu apapun kecuali ASI..
    Bangga..terharu..seneng..
    walaupun anak gw kecil n kagak gemuk, tapi dia pinter n lincah banget..

    Thank you ya Ci n Oi..

    Berkat tulisan lo ini (Astrid waktu itu maksa gw untuk buru2 baca postingan lo pas jaman kita bedua lagi hamil gede n baru kursus Laktasi di Carolus) gw jadi makin semangat untuk kasih ASI..
    Jadi bentar lagi si Deven jadi SarjanaS2..

    Moga2 bisa terus sampe umur 2 Tahun…

    Thanks a lot Ci..

    Kiss kiss buat Oi yaa…gw tetep jadi Oiholic lho…:)))

  12. 23 ernie mommy chloe September 23, 2010 at 5:29 am

    hebatsssssssss !!
    gua yang jadi terharu.. kalo tulisan gua yang sekelumit ini, bisa berarti buat temen.. bahkan untuk anak pinter kayak Deven yang memang HAK nya dpt ASI mak nya… syukurlah…

    Met Wisuda ya Deven.. (bentar lagi..) lanjut terus sampe S3.. biar kalah tuh gelar Mama…kakkakakkakkakak…

    *salam ASI*

  13. 24 Dhita September 23, 2010 at 4:20 pm

    hahahahah..

    bener banget..maknya aja cuma D3 Tarki Sekretari..
    anaknya udah mau S2 aja

    kekekekek..

    Oiiiii…lop you dah!


Leave a Reply

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Previously On erNie’s

RSS Lately News…

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

