Demam…

Dohhh.. barusan aja kemaren mosting tentang batuk pilek
Ehh.. si O’i demam..

Mulai hari Rabu pagi tiba-tiba si O’i badannya panas..

Ngukur, wah.. 37.5
Hmm.. kenapa ya ?
Mau tumbuh gigi kah ?

Untungnya, nih anak masih ceria dan jelalatan.. jadi gua ga gitu khawatir.. langkah pertama, ga usah keramas deh pagi ini.. tapi tetep mandi deh.. pake aer anget..

Abis mandi, sarapan.. roti gandum+kiju..  mau sih… tapi ga abis.. hmm.. berarti bukan radang tenggorokan ya.. kalo radang tenggorokan kan susah nelen, pasti dia ga mo makan..

Dah.. abis itu bobo.. nenen..
Selagi bobo, gua ukur panasnya.. wadoh.. kok naek terus..
37.5… 37.8…38…

paniksMODE*on
Buka kamus dulu…

__________________________________________________________

SLIDE 6. FEVER

Demam adalah alasan terbanyak orangtua membawa anaknya ke dokter. Apalagi jika orangtua tidak memiliki ilmu yang cukup mengenai demam, penyebab demam & tatacara merawat anak demam.

 Bahayakah demam itu ? Burukkah demam itu ?

Tidak ada sesuatu yang 100% buruk atau 100% baik. Demikian juga dengan demam. Tuhan pasti memiliki maksud dibalik fenomena demam.

There is something for many reasons.

Tubuh kita diciptakan oleh Tuhan dengan dilengkapi mekanisme pengaturan yang canggih, termasuk mekanisme pengaturan suhu.

Di otak kita terdapat termostat bernama hipotalamus yang mengatur mekanisme ini. Tepatnya terdapat pusat pengaturan suhu disebut juga SET POINT. Pengatur suhu tubuh ini akan memastikan tubuh kita senantiasa pada suhu konstan (sekitar 37C) .

 Demam adalah kondisi dimana otak (melalui Set Point) memasag suhu diatas setting normal yaitu > 38C. Namun demikian demam yang sesungguhnya adalah bila suhu >38.5C. Akibat kenaikan setting suhu tubuh tsb, maka tubuh akan memproduksi panas melalui tahapan : menggigil hingga mencapai suhu puncak à suhu demam stabil à suhu mulai turun.

 Bagaimana dan mengapa timbul demam ?

Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya molekul kecil dalam tubuh, yaitu PIROGEN – suatu zat pencetus panas.

 Apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan pirogen ?

Penyebabnya antara lain : infeksi, radang, keganasan, alergi. Teething, dll. Pada saat terserang infeksi, sistem imun tubuh kita akan membasmi infeksi tsb dengan serangan leukosit (sel darah putih).

 Agar tugas leukosit tsb efektif dan tepat sasaran, dibutuhkan dukungan banyak pihak termasuk pirogen, yang bertugas :

  1. Mengerahkan sel darah putih (leukosit)
  2. Menimbulkan demam yang akan membunuh virus. Karena virus tidak dapat hidup di suhu tinggi. Sementara itu virus akan tumbuh subut di suhu rendah.

Perhatikan hal berikut :

  1. Selama infeksi masih berlangsung, memang harus ada demam.
  2. Demam merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk membasmi infeksi.
  3. Prinsip utama adalah cari penyebab timbulnya demam. Dengan mengetahui sumber masalahnya, maka kita dapat bertindak secara rasional. Pada anak penyebab utamanya adalah infeksi virus.
  4. Waspadai kemungkinan terjadinya komplikasi dehidrasi.

 American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasi tatacara penanganan demam.  Berikut kondisi kapan orang tua harus menghubungi dokter :

  • Bila bayi berusia < 3 bulan dengan suhu tubuh > 38C
  • Bila bayi berusia 3 – 6 bulan dengan suhu tubuh > 38.3C
  • Bayi dan anak berusia > 6 bulan, dengan suhu tubuh > 40C

 Konsultasikan juga dengan dokter jika terdapat kondisi berikut :

  • Sama sekali tidak mau minum atau sudah dehidrasi; Gelisah, muntah, diare
  • Iritabel atau menangis terus menerus, tidak dapat ditenangkan 
  • Tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (lethargic)
  • Kejang; Kaku kuduk leher; Sakit kepala hebat
  • Sesak napas
  • Gelisah, muntah, daire

 

SLIDE 7. TREATING FEVER

 Point-point utama yang harus diperhatikan selama merawat anak demam adalah :

  1. Mencari penyebab demam dan memperhatikan pola perilaku anak.  Amati tingkah laku anak. Jika perilaku anak hampir sama seperti biasanya, maka kita tidak perlu khawatir. Karena pada dasarnya demam itu bukan hal yang membahayakan.
  2. Cegah dehidrasi. Demam akan meningkatkan penguapan cairan tubuh. Karenanya bayi dan anak beresiko mengalami dehidrasi. Berikan cairan lebih banyak. Berikan air, air sup, jus buah segar yang dicampur air, es batu, es krim. Bila muntah atau diare, berikan minuman elektrolit : pedialyte, oralit.
  3. Ruangan dijaga agar tidak panas, pasang kipas angin. Anak memakai baju yang tipis.
  4. Kompres air hangat atau berendam di ari hangat.
  5. Biarkan anak memakan apa yang diinginkan. Jangan dipaksa. Hindarkan makanan berlemak, karena sulit dicerna oleh tubuh.
  6. Meskipun anak dianjurkan untuk tidak masuk sekolah, bukan berarti ia harus berada di tempat tidur seharian.
  7. Pemberian obat penurun panas mengikuti aturan berikut :

<102F (<38.3C) : Tidak perlu obat penurun panas, ekstra cairan(minum banyak)
>102F (38.3C), uncomfortable : Beri obat penurun panas, kompres  hangat
>104 (>40C) : Beri obat penurun panas, kompres hangat, hubungi dokter.

 Ingat: DO NOT TREAT LOW GRADE FEVER (< 38.3C)

____________________________________________________

Dan BODOHnya gua.. gua ga punya OBAT PENURUN PANAS !!!!
Udah ga bisa keluar rumah.. jaoh.. huh..

Ahaaa !!!
Telpon Century.. bisa dianter kayaknya..

Fiuhhh.. dah ada SANMOL nih…

Sore.. ga mandi.. lap-lap ajah..
Panasnya dah turun… 36.. jadi ga jadi minum sanmol deh..
Trus masih mau makan sih…
En tetep celamitan.. kekkekekke

8 Responses to “Demam…”


  1. 1 Lina May 23, 2009 at 9:31 am

    Emang lagi musim kayanya nih, kemaren Minggu juga mendadak Darren badannya panas, padahal batuk n pilek juga ga…. abis panas langsung timbl bintik2 merah, Puji Tuhan sekarang udah berangsur2 ilang..
    Moga2 Chloe juga sehat ya..

  2. 2 Arman May 25, 2009 at 8:45 am

    berarti virus doang nie…
    sekarang udah sembuh kan?

  3. 3 ernie May 25, 2009 at 10:42 am

    #LIna : Iya kali ya Lin.. anaknya temen g juga lagi anget-anget gitu.. Thanks ya.. moga-moga Darren Lucu & Cici Ariel Cantik juga sehat-sehat yaaa

    #Arman : Gitu ya Man..skarang dah sehat sih..kemaren sabtu-minggu gua kerem di rumah.. ga keluar-keluar..hehheh

  4. 4 elsiey May 25, 2009 at 12:01 pm

    Untung udah sembuh

  5. 6 ashleyprincess May 26, 2009 at 2:30 pm

    ashley juga abis sakit niy nie.. hiks..
    o’i dah gpp kan, syukur dh..

  6. 8 pras February 22, 2010 at 12:07 pm

    demam 39c tp udh sehat lg…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Previously On erNie’s

RSS Lately News…

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: