Kebot ??

Kebot=kidal=left-handed

Tphen kidal.. ga full sih.. yang jelas nulis dia kiri.. tapi makan kanan.. tapi kl makan steak pake garpu en piso, jadi kidal.. nyisir kiri, gunting kuku kiri, maen bulutangkis kanan, cebok kanan.. ( iiihhh joroks.. cebok kanan, makan kanan.. *parah*) kekkekekke

Nah.. si O’i… beberapa hari ini, lagi NGOTOT banget mo makan sendiri.. buset dah.. bener2 ngotot deh pokoknya.. ya dah.. emang udah gua kasih piring sendiri ama sendok kan.. gua slalu kasih dia sendok di kanan.. tapi ada sewaktu-waktu dia ngerebut sendok yang g pegang, otomatis pake tangan kiri kan.. krn yang tangan kanan udah ada sendok nya dia.. gua perhatiin kok dia lebih luwes pake tangan kiri ya.. pake tangan kanan, agak kaku. keliatan banget kalo dia lagi nyuap makanan ke mulutnya.. pake tangan kiri, kebanyakan tepat pas mulut.. kalo pake tangan kanan, sendoknya jadi berubah arah en nyasar-nyasar ke pipi.. kekekke

tapi kalo di suruh shake-hand, dia kasih tangan kanan.. kalo dikasih barang, ambil tangan kanan.. kl mo dimaen-in, suka dia pindahin ke kiri.. kadang ngambil nya juga pake tangan kiri.. goodbye pake kanan.. kl dari merangkak mo cari pegangan berdiri, dia berusaha menggapai bangku or kulkas or sofa, pake tangan kiri..

hmm… kebot kah dia??
duh.. kl kebot, sapa yang mo ngajarin nulis?? masa blajar nulisnya nungguin daddy-nya pulang kerja ??

trus gua pernah baca, anak kebot, jangan dipaksa kanan ya ? karena katanya org kebot itu berarti otak kiri nya lebih aktip drpada otak kanannya ??

Begitukah temans ?
Ada yang punya info ??

Makasih sblum nya…

9 Responses to “Kebot ??”


  1. 1 christie January 20, 2009 at 11:16 pm

    Gw denger sih, org kidal tuh lebih art gitu, dede gw salah satu ada yg kidal, pinter gambar (i mean, sering ikut lomba dll n menang gitu, ga asal pinter gambar doang).

  2. 2 shanni January 23, 2009 at 12:11 am

    yang pasti lebih bagus lagi kalo dua tangan aktif kaya hubby lo Nie, micha juga agak2 sama kaya o’i gitu sih apa mungkin anak kecil emang begitu ya?

  3. 3 Ariany January 24, 2009 at 10:20 pm

    Halow Ernie,.. salam kenal yah..

    Gua juga bertanya2 persis kaya elo.. soalnya anak gua.. Marvell, juga lebih aktif tangan kirinya. Trus kalo coret2 lebih seneng pake tangan kiri.. (udah hobby coret2 dia) tangan kanannya sangat jarang dipake.. kalo masuk2in barang juga lebih banyak tangan kiri.. emangnya gak boleh dipaksa kanan yah? duh bingung soalnya di budaya kita (indonesia) kalo kidal kan kurang bagus katanya… wah gak tau deh … cuman sekarang in lebih sering dialtih tangan kanannya untuk tulis2 sama papinya..

  4. 4 erniestevens January 26, 2009 at 12:56 am

    Alow juga Ariany..

    Wah, Ri.. kebetulan banget gua udah dpt info dari temen gua. Dia lulusan psikologi AtmaJaya, dan seorang terapist.
    Menurut dia, anak yang cenderung kiri/kidal, jangan dipaksa/dilarang pake tangan kirinya.. karena org yang cenderung menggunakan tangan kirinya,a.k.a kidal,berarti otak kanan dia lebih aktip berkembang drpd otak kirinya.

    So, ga bole dipaksa-in tuh disuruh pake kanan.. biarin aja kata dia.
    Temen gua ini, kebetulan banget juga py pasien terapist seorang anak perempuan umur berumur 7tahun, yang dari kecil cenderung kidal, tapi mamanya mati-matinya nyuruh dia kanan.. ya itu dia.. spt kata lu, ortunya beranggapan ‘kalo kidal kurang bagus’.. padahal ini anak bener-bener full kiri (kan ada org yang bisa dua-duanya, kanan&kiri, ini anak bener-bener full kiri deh)akibatnya, udah umur 7thn, dia ga bisa nulis dengan benar. dia nulis pake tangan kanan, tapi arah nulisnya dari kiri ke kanan…( bingung kan loe..) ngaco jadinya. trus dia ga bisa ngebeda-in kanan&kiri, sampe temen gua itu bikin perumpamaan, tangan kiri=kucing, tangan kanan=anjing..

    Menurut temen gua, susunan otak tuh anak udah ngaco.. makanya dia sampe nulis aja kayak begitu, dan dia ga ngerti kanan&kiri..

    Untuk ngajarin nulis, even kita, ortunya bukan kidal, bisa ajarin dia nulis, tetep kita contohin pake tangan kanan, sambil ditambah kata-kata.. misalnya bikin hurup ‘U’, dari atas, turun ke bawah, melengkung sedikit, trus tarik ke atas lagi ( sambil kita peragain pake tangan kanan kita )

    Dan untuk pendapat ‘kidal kurang bagus’, kata temen gua, kita tetep ajarin sambil ngomong ke anak kita, kalo shake hand pake tangan kanan, kalo ‘bye bye’ pake tangan kanan, kalo dikasih barang sama orang lain, pake tangan kanan.. tapi jangan dipaksa-in..

    Begitu Ri, kata temen gua yang terapist.. smoga berguna ya..

  5. 5 lili (biar kedengeran lbh elit) January 26, 2009 at 3:40 am

    ibu-ibu….

    senang sekali saya mendengar forum ibu2 ini tentang anak kidal..
    kidal ga brarti jelek kok, asal jgn kaya kakak ipar saya maem dan cebok pake tangan kanan hihihi…

    soal anak kidal lebih kreatip…karena otak kanannya lebih aktip saya ga tau..tp emang otak kanan itu cenderung buat logika, art, visual…

    hihih…intinya saya cuma mau bilang..oi lucuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu….
    😀

  6. 6 stevens-half kebot January 26, 2009 at 11:53 pm

    para ibu yang manis,
    jangan terpengaruh adik ipar saya yang berpendapat bahwa maem dan cebok dengan tangan yang sama berarti jelek lohh…yang penting adalah selama jangan dilakukan dalam waktu yang berurutan/bersamaan, misalnya sehabis cebok langsung makan atau makan sambil cebok.huaahahaha….awas lu liii !!!

  7. 7 Ariany January 27, 2009 at 1:02 pm

    ow.. gitu yah.. thank you yah Nie..🙂 iya sih.. soalnya gw sendiri kayanya juga ada kencenderungan lebih ,luwes ngapa2in pake tangan kiri… kali aja mungkin dulunya gua lebih dominan kiri trus diapksain kanan hihih… jadinya Marv juga nurun ke gua …😛
    tapi infonya helpful banget… thanks nti gw share ke suami… gak tau dia setuju apa gak hehehe..😛

  8. 8 erniestevens January 28, 2009 at 9:36 am

    #Ariany : mungkin juga begitu.. nurun ke marv.. untung lu ga jadi kacau kayak anak itu ya, Ri.. kekekkek *peace* Mungkin lu yang kayak si stevens noh.. bisa kanan kiri, jadi pas dipaksain kanan, masih bisa..
    Mudah-mudah’an suami lu stuju yaaa..

  9. 9 lili (biar kedengeran lbh elit) February 17, 2009 at 1:07 am

    hahahaaa……kakak iparku sayaangggg…..
    ini ada kabar gembira lagi buat para ibu2 yang anaknya kidal..

    apakah anda tau rafael nadal?? ya memang namanya familiar di kancah dunia tennis…kemarin saya sempat berbincang dengan ibunya..
    (ini translate bahasa spanyol tentunya hohoho…)

    Nadal itu kenapa backhandnya kuat?? karena tangan kanannya terlatih seperti tangan kiri..
    intinya kl anak kidal dilatih juga untuk mengaktipkan tangan kanan
    (lagi2..tentunya bukan untuk tjeboek seperti k*k*k i*a* saya)anaknya akan lebih hebat dari anak yg cuma melatih tangan kanan.
    tidak cuma dalam koordinasi fisik, tp juga otak..berarti juga dia imbang antara emosi dan logika.. (hm…tp mungkin tidak berlaku general, atau memang kakak ipar saya unik..hihihihi)


Leave a Reply

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Previously On erNie’s

RSS Lately News…

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

